PERBEDAAN ANTARA AUDITING DAN AKUNTANSI

PERBEDAAN ANTARA AUDITING DAN AKUNTANSI

Banyak pemakai laporan keuangan dan masyarakat umum yang bingung antara auditing dan akuntansi. Sebenarnya kebingungan itu karena sebagian besar Ilmu tentang auditing biasanya terkait dengan informasi akuntansi, dan banyak auditor yang sangat menguasai masalah masalah akuntansi.

Akuntansi adalah pencatatan, pengklasifikasian dan pengikhtisaran peristiwa ekonomi dengan cara yang logis yang bertujuan menyediakan informasi keuangan utk pengambilan keputusan. Untuk menyediakan informasi keuangan yang relevan, para akuntan harus memiliki pemahaman yang mendalam atas prinsip prinsip dan aturan aturan yang menjadi dasar penyiapan informasi akuntansi. Selain itu Akuntan juga harus mengembangkan suatu sistem untuk memastikan bahwa pristiwa pristiwa  ekonomi dan entitasyang bersangkutan di catat secara tepat waktu dan dengan biaya yang wajar.

Ketika mengadudit data akuntansi, auditor berfiokus pada penentuan apakah informasi yang dicatat itu mencerminkan dengan tepat pristiwa pristiwa ekonomi yang terjadi selama periode akuntansi. Selain memahami akuntansi, auditor harus juga memiliki keahlian dalam mengumpulkan dan mengintepretasikan bukti audit

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat